Gunadarma University

Manajemen Pemasaran Global - Marketing Mix Produk Sally Yummi

10/28/2018 12:11:00 am

 


PROFIL USAHA


Nama Perusahaan      : SALLY “Sate Lilit Kentang” YUMMI

Bidang Bisnis              : Usaha Kuliner
Jenis Produk               : Olahan kentang dengan cita rasa modern
Motto Produk             : Ngemil tidak takut gemuk

Struktur Organisasi :
CEO : Megah Pahleti (17215540)
Team :
- Gina Adila L
- Ilma Jawara
- Luthfi Dwinanda
Kelas 4EA20

 

I. Latar Belakang
Di zaman serba instant seperti sekarang ini, kebutuhan akan pangan semakin meningkat baik itu makanan berat maupun makanan ringan.Karena pola kehidupan masyarakat yang semakin dinamis menyebabkan hal-hal yang instant menjadi pilihan di singkatnya waktu yang dimiliki sebagian besar masyarakat. Akibatnya jarang dari masyarakat yang menyadari akan bahaya makanan serba instant jika dikonsumsi secara terus menerus. 
Penyediaan makanan ringan dengan nilai gizi tinggi ini juga merupakan langkah awal untuk menyadarkan masyarakat bahwa esensi dari makanan dan makan bukan hanya sekedar rasa puas dengan tampilan makanan dan rasa kenyang tetapi juga harus memperhitungkan nilai gizi yang terkandung pada makanan tersebut.
Kami pun ingin meningkatkanya pada masyarakat dalam negeri, dengan cara kentang di olah menjadi sate yang kemudian kami kreasikan agar masyarakat tidak merasa bosan dengan menu sate yang monoton hanya dengan daging. 
Hal inilah yang melatar belakangi kami untuk menyediakan makanan ringan dengan rasa yang tak kalah saing namun juga nilai gizi yang tinggi. Inovasi makanan dengan bahan baku kentang kami beri nama dengan “SALLY”.

II. Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami bisa dibilang cukup mudah. Karena sebenarnya hanya membutuhkan bahan pokok yang sedikit. Untuk membuat "SALLY" kami hanya memerlukan bahan pokok yaitu kentang. Pada bisnis ini kami menggunakan kentang, sosis, bakso udang dan chikuwa (seafood). Sosis, bakso udang dan chikuwa kita tusuk, kemudian kami memberikan inovasi dengan membungkusnya menggunakan kentang yang sudah dihaluskan dan kami menyediakan cocolan (sausnya) berupa sambal. 
Untuk penyediaannya kami menggunakan paper cup dimana "SALLY" tersebut dimasukan ke dalam paper cup.

III. Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
A. Product
Produk yang kami tawarkan adalah sate lilit dengan mengunakan bahan yang mengandung karbohidrat yaitu kentang, memiliki isi yang menarik dan sangat lezat rasanya. Dari segi kemasan produk kami menggunakan paper cup berlabel bisnis kami yaitu SALLY.
B. Price
Harga yang kami tawarkan untuk produk jajanan sate lilit kami sangatlah terjangkau di kalangan mahasiswa dan masyarakat, yakni kami jual berkisar Rp 8000,- untuk 2 tusuk SALLY.
C. Promotion
Promosi yang kami lakukan dalam awal membuka bisnis ini dengan menggunakan brosur, spanduk dan informasi dari mulut ke mulut.
D. Place
Tempat yang menjadi sasaran utama bisnis ini adalah di sekitar kampus. Jika kami memiliki modal yang sudah cukup besar maka akan membuka stand dengan menyewa lapak atau ruko untuk berjualan.
E. People
Kunci utama bisnis yang baik adalah dari pelayanannya. Maka dari itu, kami mengedepankan pelayanan hingga kualitas produk yang baik demi kepuasan konsumen kami. Dari barang yang berkualitas hingga dibuat dengan sangat memperhatikan kebersihan. Selain itu, keramahan dalam berniaga juga kami utamakan agar konsumen merasa nyaman dan puas terhadap produk ini.
F. Physichal Evidence
Satu prosi SALLY menggunakan paper cup yang terdapat label pada wadahnya serta berisikan 2 buah sate lilit kentang beserta isinya. SALLY ini memiliki rasa unik dan bernuansa baru sehingga dapat menarik perhatian orang-orang.
G. Process
Pada proses produksi dapat diketahui bahwa SALLY YUMMI sangatlah mudah dalam pembuatannya. Alat dan bahan mudah ditemukan, serta kami tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses pembuatannya sehingga kami tidak tidak merasa kesulitan dalam membuat cemilan ini dan sangat terjamin kualitas produknya.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram