Gunadarma University

Apa saja yang dapat mempengaruhi peningkatan volume penjualan?

1/13/2019 09:51:00 pm

Source from google

Penjualan merupakan aspek yang paling penting bagi suatu perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan, karena dengan penjualan, perusahaan berharap mendapatkan keuntungan demi kelancaran usaha tersebut. Hal ini tentu diperlukan sebuah pengelolaan yang baik yang dapat berimbas pada perolehan laba. Secara umum perusahaan harus memiliki sistem yang tepat dalam semua aspek yang dijalankannya. Sistem yang baik ini merupakan salah satu kunci dalam pengendalian perusahaan. Berikut ini adalah jurnal mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan.

Judul Jurnal :

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENJUALAN (Studi Kasus Sales dan Supervisor PT Columbia di Klaten)

Penulis : CATUR WAHYU NUGROHO P (2009)

Metode Penelitian :
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan melalui survei dan observasi kepada responden sales dan supervisor PT Columbia Klaten sebanyak 30 responden. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sementara observasi dilakukan dengan mengikuti perjalanan seorang subjek saat subjek melakukan aktivitas penjualan langsungnya. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis koefisien regresi secara parsial (Uji t)

Cara pengukurannya :
1. Hasil Uji Validitas (Variabel Rasa Percaya kepada sesama anggota tim, variabel motivasi kerja, variabel peran supervisor)
2. Hasil Uji Reliabilitas 
3. Deskripsi Identitas Responden
4. Deskripsi Tanggapan Responden terhadap Variabel Penelitian
5. Analisis Pengaruh Rasa Saling Percaya Sesama Tim terhadap Volume Penjualan
6. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Penjualan
7. Analisis Pengaruh Supervisor terhadap Motivasi Kerja
8. Hasil Observasi

Kesimpulan :
1. Rasa percaya kepada sesama anggota tim dapat meningkatkan volume penjualan yang dicapai tenaga penjual. adanya kepecayaan sesama anggota tim akan mewujudkan keterbukaan sesama anggota dengan saling betukar informasi atau ide penjualan sehingga dengan adanya kemampuan menjual yang baik secara langsung dapat meningkatkan volume penjualan
2. Motivasi kerja dapat meningkatkan penjualan yang dicapai tenaga penjual. Unsur-unsur pembangkit motivasi tenaga penjual di Columbia adalah terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari sehingga temaga penjual fokus dalam pekerjaannya dan tidak mencari pekerjaan sampingan
3. Peran supervisor dapat meningkatkan motivasi kerja tenaga penjual. Peran supervisor sangat dibutuhkan tenaga penjual karena kehadirannya sangat penting dalam pemberian motivasi, arah, prospek, semangat, pengurusan order, dan realisasinya termasuk pemberian komisi dan bonus


Selain faktor-faktor di atas, terdapat faktor lain yang dapat meningkatkan volume penjualan seperti warna. Menurut Anica dan Silvija (2017) mengatakan bahwa "Colors as an integral part of marketing communication Color is a valuable tool and an integral part of marketing communication sending powerful message to consumers. Recent studies showed that 80% of information people remember relate to colors. The meaning of colors for people begins with the birth and follows us throughout our lives. Vision is the most dominant and most developed sense with the greatest power to influence consumers` perception. Research showed that as much as 60% of a purchase decision for a given product is based on the correct color selection. Colors create strong influence and cause reactions. Well-chosen color attracts attention, relaxes, while other color used in the same context can even irritate. As in every segment of life, likewise in marketing the first impression is very important therefore, color becomes an important factor of consumer communication." hal ini diperkuat oleh techinasia yang mengatakan bahwa menurut "KISSmetrics, sebuah startup analitik web populer, warna memiliki pengaruh yang sangat besar. Studi dari mereka memperlihatkan bahwa 93% pelanggan menempatkan estetika dan warna di atas faktor lainnya ketika berbelanja. Warna juga sangat diasosiasikan dengan branding, terbukti dengan 80% pelanggan yang mengenal sebuah brand dari warna khasnya. dapat disimpulkan bahwa warna pun menjadi faktor penting dari komunikasi konsumen sehingga membuat konsumen dapat mengingat brand atau produk berdasarkan warnanya." Dengan demikian warna merupakan faktor yang sangat penting bagi konsumen mengingat tanpa adanya konsumen, aktivitas penjualan tak akan tercapai.


Referensi :
Nugroho, Catur Wahyu. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Penjualan. Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta.
Anica, Hunjet dan Vuk Silvija. 2017. THE PSYCHOLOGICAL IMPACT OF COLORS IN MARKETING. International Journal - Vallis Aurea, Croatia, Vol 3 No. 2, p:45-46

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram