Gunadarma University

Tugas Ilmu Budaya Dasar 1 : Ilmu Budaya Dasar sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)

9/27/2015 09:53:00 pm

TUGAS 1

Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar-dasar dari kebudayaan yang bertujuan untuk memberikan suatu arah di dalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar akan budaya umum tentang masalah-masalah manusia dalam bidang kebudayaan.

Tujuan ilmu budaya dasar :

  • Ilmu budaya dasar untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam maupun orang lain yang ia kenal luarnya saja
  • Mengenal perilaku diri sendiri maupun perilaku orang lain
  • Memiliki pemikiran dan penglihatan yang jelas serta mendasar serta menghargai budaya yang ada disekitarnya dan ikut melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya

Lalu, apa persamaan dan perbedaan antara ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial?
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, serta bersikap sopan santun.

Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan pendidikan atau pengajaran
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c. Keduana mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial

Sedangkan perbedaan antara keduanya adalah :
a. Ilmu sosial dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
b. Ilmu sosial dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
c. Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembetukan pengetahuan dan keterampilan intelektual

Ilmu sosial dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada masyarakat tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitarnya. Sedangkan ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Jadi, ilmu budaya dasar mempelajari tentang masalah manusia yang berkaitan dengan budaya dan dasar-dasarnya, sedangkan ilmu pengetahuan sosial mempelajari tentang masalah manusia dengan lingkungan sosialnya.



Nama : Megah Pahleti
Kelas : 1EA07
NPM : 17215540



Sumber : 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram