Gunadarma University

Manajemen Pemasaran Global - PT. DANONE PADA PRODUK AQUA

12/04/2018 09:36:00 am


 Source : google.com
Siapa yang tidak mengenal minuman mineral kemasan merk AQUA, baik dari anak kecil hingga orang dewasa mengetahui merk ini dan pasti juga pernah meminumnya kan ?

Setiap hari kita selalu menggunakan dan membeli produk satu ini, ya Aqua yang selalu kita minum dan kita beli hampir setiap hari. Dengan beberapa keunggulan produknya AQUA telah melekat di hati konsumennya.

Menurut saya, bisa dikatakan strategi pemasaran AQUA benar-benar dasyat hingga semua orang menggunakan air minuman ini untuk konsumsi setiap hari. Banyaknya merek lain yang bermunculan dalam persaingan bisnis air minum tidak membuat keberadaaan AQUA tumbang, namun AQUA tetap menjadi satu di antara kebutuhan manusia yang harus di penuhi.

Jika kita melihat di setiap toko maupun supermarket tentu semuanya selalu menyediakan air minum dengan merek AQUA. PT. AQUA pun sudah menggunakan berbagai fasilitas pemasaran seperti billboard, print advertise, dan tv commercial. PT. AQUA melakukan kegiatan promosi dengan menggelar beberapa event keluarga seperti Aqua Family dan Danone Nations Cup dan tidak lupa melakukan kampanye tentang hidup sehat dimulai dari air yang bersih dimana maksud dan tujuannya adalah jika air yang diminum terjamin kesehatannya, maka keluarga yang mengonsumsinya juga akan ikut sehat sehingga hubungan harmonis akan tumbuh. Sampai saat ini, AQUA sudah menjadi "brand image" masyarakat jika ingin membeli air mineral dengan sebutan "AQUA".




Namun, apakah promosi ini dapat dilakukan di negara lain selain Indonesia?
Semua tergantung dengan seperti apa negara yang ingin dituju. Jika masyarakatnya seperti Indonesia, hal ini tentu akan mudah diterapkan.

Misal, AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya, mulai dari tv, rado, koran, hingga media sosial. Saat ini, bukanlah hal yang sulit untuk mempromosikan agar mencapai hasil yang maksimal. Warna biru untuk packaging pada AQUA melambangkan air bersih yang jernih dan sehat. AQUA memanfaatkan nuansa alami dari Indonesia yang dimana memiliki alam yang sangat beragam dari Indonesia yang menjadi bukti bahwa air yang diproduksi adalah berasal dari mata air pilihan dan dapat terjaga kemurniannya. Tentu membuat masyarakat akan teringat oleh merek AQUA karena berasal dari sumber mata air murni yang ada di pegunungan. Slogan yang terdapat di AQUA juga mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat, yakni "air sehat setiap saat". Kekuatan sebuah slogan mampu memberikan efek bagi penjualan produknya. 

AQUA memperluas pasarnya dengan cara mengadakan event seperti Danone Nations Cup untuk festifal tahunan anak usia 10-12 tahun dalam ajang sepak bola dan bahkan sudah diakui oleh FIFA. Event tersebut sudah dimulai sejak tahun 2003 dan sudah memunculkan beberapa negara yang menjadi juara. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan oleh Aqua adalah mencoba menyelenggarakan event dengan jenis olahraga lain yang memiliki banyak penggemarnya seperti Kriket 'Raja' Olah Raga di India. Tentunya hal ini diharapkan mampu menarik perhatian dari berbagai negara lainnya. Selain itu, dengan diadakannya event Aqua Family dimana hal tersebut menggunakan segmentasi sebuah keluarga dengan maksud keluarga yang sehat. Jika air yang diminum terjamin kesehatannya, maka keluarga yang mengonsumsinya pun ikut sehat.

AQUA dapat menggunakan metode pemasaran dengan sebuah gerakan 1 liter untuk 10 liter air bersih sebagai mentuk kepedulian Aqua terhadap daerah di Indonesia yang kekurangan air. Hal ini dapat diterapkan juga di berbagai negara yang kesulitan air bersih dengan harapan masyarakat di luar sana mendapat dorongan untuk lebih banyak membeli produk AQUA agar bisa berbagi kepada yang lebih membutuhkan.

AQUA juga mengikuti event-event yang lebih besar seperti sponsorship pada event ASIAN GAMES dan ASIAN PARA GAMES yang dimana dapat menarik perhatian masyarakat yang menjadi pendatang baru atau tamu di suatu negara tersebut agar lebih dikenal masyarakat luas.

Masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh PT. AQUA dalam memperluas pangsa pasar dengan cara mempromosikannya. Namun, perlu diingat. Semua ini tergantung dengan negara yang di tuju karena setiap negara memiliki segmentasi dan karakteristik pasar yang berbeda-beda. Untuk itu perlu digunakan analisis swot dan marketing mix terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah pemasaran. Tidak lupa juga untuk mempelajari kondisi di negara tujuan tersebut, misalnya seperti sosial, budaya, alam, geografi, demografi, psikologidan masih banyak lagi.



Nama : Megah Pahleti
NPM : 17215540
Kelas :4EA20

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram