GBW

GPMB 2011

1/02/2012 02:30:00 pm

Pertama-tama saya akan menjelaskan bahwa saya ini adalah salah satu anggota dari sebuah unit yaitu GBW (Gema Bahana Winaya) dari SMPN 1 KOTA CIREBON sebagai pemain cymbal, dan selanjutnya saya akan menceritakan pengalaman GBW ikut lomba GPMB (Grand Prix Marching Band).

Pada waktu itu, GBW latihan mulai dari akhir Oktober - Desember. Yah, kurang lebih sekitar 2-3 bulanan lah hahaha sempet deg-degan sih, soalnya kita tuh dapet lawannya orang dewasa semua. Ini hasil undian Trend Marching :
  1. BAHANA CENDANA KARTIKA RIAU
  2. MB UNIVERSITAS GAJAH MADA
  3. DRUM CROPS UNIVERSITAS MUHAMADIYAH (DC UMY)
  4. MB GEMA NADA JAGAT RAYA
  5. MB BOTANG PUPUK KALTIM
  6. DRUM CORPS PRAMUKA UNHAS
  7. KORPS PUTRI TARAKANITA
  8. MB. CITRA DERAP BAHANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
  9. JEMBER MARCHING BAND
  10. MB. UNIVERSITAS UDAYANA
  11. MB. BAHANA AMBANG SMA N 2 KOTA KOTAMOBAGU
  12. GEMA BAHANA WINAYA SMPN 1 KOTA CIREBON
  13. MB. SANGKAKALA KUTAI BARAT
  14. MB. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
  15. MB. ISTIQLAL
Nah, disitu kami dapet giliran ke 12 dari 15 peserta. Udah liat kan lawannya? Muehehehe. Tapi GBW engga patah semangat nih buat nunjukin bahwa GBW bisa nampil yang terbaik & jadi yang terbaik. Disitu, GBW juga peserta paling muda & paling cilik-cilik. Muahaha. "Gak harus jadi juara, yang penting bisa nampil bagus, diingat orang-orang dan menjadi yang terbaik saja itu sudah cukup", ujar Ka Bibin. Oke, kita jadikan itu sebagai moto. Memang benar apa yang Kak Bibin katakan itu.

Pada saat latian display di sekolah, itu sedang musim hujan. Jadwal latihan kita sering terganggu, karena kita hanya memiliki lapangan sekolah outdoor. Tapi kita gak patah semangat nih buat latihan. Sembari nunggu hujan mulai sedikit mereda, kita biasanya isi waktu dengan mengulas & menghafal kembali partitur-partitur yang ada. Setelah mereda, kita lanjut latihan. Ketika banyak air yang menggenang, biasanya anak-anak GBW pada kerjasama mengurangi air yang tenggenang itu hahaha. Sempet kita juga display sambil becek-becekan loh! Tapi kita semua pada nyeker sambil display akhirnya hahaha.

Setelah mendekati lomba, ada pelatih field commander datang. Kak Rinda namanya. Gue masih inget, beliau selalu mengatakan "Jangan pernah mengejek orang yang memainkan alat sekecil apapun alatnya. Karena, belum tentu bisa memainkan alat itu kan? Alat sekecil apapun juga memiliki peran penting dalam marching band ini." waah, this banget!!

Oya, kita membawakan empat lagu, yaitu :
  • Lagu ke-1 Parahyangan Medley
  • Lagu ke-2 Sansaro
  • Lagu ke-3 Toba future
  • Lagu ke-4 Ambon Manise Medley
Ini nih penampilan GBW pas waktu Gladi di SMPN 1 CIREBON :

Pada perjalanan menuju Jakarta, kita sempet kejebak macet. Dan akhirnya.. Jadwal uji lapang kita kebagian jam 12 malam sampai jam 2 pagi pada malam Jum'at Kliwon.

Esoknya, kita siap untuk bertarung!! Ini ada beberapa foto pada saat kita latihan :

 Ini kita (anak-anak perkusi) pada saat latian malam di Istora Senayan

Kalau ini beberapa foto pada saat kita performance : 








Setelah performance, kita dikejutkan oleh kedatangan Dimas Beck dalam acara 'Status Selebritis'. Wahaha


Setelah tahu pengumumannya, kita dapet peringkat ke 13 dari 15 peserta. Sempet kaget banget ngedengernya. Apalagi liat hasil score-scorenya. Tapi kita berfikir bahwa perlombaan ini masih ada esok hari, dan itu tandanya masih ada perbaikan untuk selanjutnya. Kita tampil se-maksimal mungkin yang kita bisa. Yah, tapi mungkin karena ini hasilnya, mau gimana lagi? Ini juga kita sudah bersyukur banget. Kita juga banyak yang bilang bahwa "Penampilan GBW bagus banget." "Walaupun masih SMP (termuda), kecil-kecil, tapi penampilannya rapih." Wah.. hahaha. Memang iya, kita paling muda disitu, paling kecil, tapi banyak yang bilang penampilan kita bagus & rapi. Alhamdulillah.. hehehe. Apa yang kita harapkan juga sudah tercapai loh! :'D Seperti yang Ka Bibin katakan "Gak harus jadi juara, yang penting bisa nampil bagus, diingat orang-orang dan menjadi yang terbaik saja itu sudah cukup". Itu memang yang kita inginkan, dan akhirnya tercapai juga!! :'-D

Latihan kita juga untungnya tidak sia-sia hehehe. Kita membawa 3 piala. Berikut ini devisi yg kita raih :
  • Peringkat ke-13
  • Brass ensemble juara 3
  • Youngest talented marching band
Yah, alhamdulillah. Kita kan disitu juga baru ikut GPMB, mungkin ini bisa jadi pengalaman kita-kita.

Berikut ini foto pada saat penyerahan piala sekaligus upacara penutupan GPMB :








Oya, ini ada beberapa foto yg menggambarkan ekspresi kesenangan kita pada saat mendapatkan piala :







Oya, buat kalian yang udah baca blog gue ini, kalian bisa liat perform GBW waktu lomba kaya gimana.. Nih gue kasih linknya : http://www.youtube.com/watch?v=xNa9uXSiNO8 Jangan lupa liat yaa!! ;D Terimakasih banyak :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah masa-masa yg tak terlupakan apalagi di hotelnya :D

    ReplyDelete

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram